Mahasiswi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) FITK UIN Walisongo Semarang berhasil menembus jurnal Sinta 3.

“Alhamdulillah, semester ini ada 3 mahasiswi PGMI yang masing-masing berhasil menulis artikel dan terbit di Jurnal Sinta 3. Ini luar biasa, menyongsong PGMI Unggul. Selamat untuk Bu Kajur dan Bu Sekjur PGMI. Luar biasa.” Ungkap Prof. Dr. Mahfud Junaedi, M.Ag., selaku Wakil Dekan I FITK.

Sebagaimana Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, artikel mahasiswa yang dimuat jurnal Sinta 3 dapat dijadikan sebagai tugas akhir. Keduanya melaksanakan ujian munaqosah pada Jumat, 22 Desember 2023 di ruang sidang fakultas.

“Sejak awal kami mendorong para mahasiswa PGMI untuk aktif mengejar prestasi, baik akademik atau nonakademik. Alhamdulillah, di ujung semester ini ada tiga mahasiswi kami yang berhasil menembus jurnal Sinta 3.” Ungkap Zulaikha, M.Ag., M.Pd. selaku Kajur PGMI.

Ketiga mahasiswi tersebut menjadi penulis pertama pada masing-masing artikel yang dibuat dan layak dijadikan sebagai tugas akhir nonskripsi. Ketiga mahasiswi tersebut yakni Salma Nuril Maghfuro, Lia Wirda, dan Putri Walidatun Sania.

Salma Nuril Maghfuro, mengusung artikel dengan judul Evektivitas Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Madrasah ibtidaiyah. Artikel tersebut dimuat di jurnal Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo.

Lia Wirda, mengusung artikel dengan judul Penerapan Teknik Kolase Bahan Limbah dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas Rendah di MI Tarbiyatul Khoirot Semarang. Artikel tersebut dimuat di jurnal Pakar (Penelitian Aktual dan Kajian Analisis Reformasi) Pendidikan, Universitas Negeri Padang.

Putri Walidatun Sania, mengusung artikel dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Fakta dan Opini yang Tepat Siswa Kelas IV MIN 3 Demak. Artikel tersebut dimuat di Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, Universitas PGRI Sumatera Barat.