Semarang, 05 Agustus 2022 – Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Program Studi adalah kegiatan untuk memperkenalkan tentang dunia perkuliahan terkhusus tentang program studi yang akan dijalani oleh para mahasiswa. Tujuan dari kegiatan PBAK ini yaitu untuk memperkenalkan budaya akademik kampus, memperkenalkan lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) khususnya yang akan menjadi tempat para mahasiswa baru menimba ilmu, serta ajang mempersembahkan motivasi kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini diikuti oleh 164 mahasiswa prodi PGMI.

Pada sambutan yang disampaikan oleh Ketua Prodi PGMI Ibu Zulaikhah, M. Ag., beliau mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan menyampaikan beberapa hal diantaranya :

  1. Visi Prodi PGMI
  2. Misi Prodi PGMI
  3. Dosen-Dosen PGMI
  4. Profil Lulusan
  5. Pemetaan Mata Kuliah
  6. Kantor Pelayanan PGMI
  7. Etika Civitas Akademika
  8. Sarana dan Prasarana
  9. Prestasi Mahasiswa
  10. Kegiatan Mahasiwa

Ketua Prodi PGMI Ibu Zulaikhah, M. Ag berharap mahasiswa baru untuk bersemangat kuliah di UIN Walisongo Semarang agar menjadi orang yang sukses di masa yang akan datang.

Acara ini berlangsung dari Hari Selasa , 02 Agustus 2022 sampai Jum’at, 05 Agustus 2022. Pada hari Selasa mahasiswa mengikuti kegiatan PBAK ini di kampus 3 UIN Walisongo Semarang dengan agenda pembukaan tingkat Universitas yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dimulai pukul 07.00 WIB. Untuk tingkat Fakultas dilaksanakan pada hari Rabu pukul 13.00-selesai, dan untuk tingkat prodi dilaksanakan pada hari kamis pukul 13.00-selesai.

Dengan adanya kegiatan PBAK ini diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman dan penghayatan peserta terhadap sistem pendidikan di UIN Walisongo , menjalin silaturahmi dengan akademika prodi PGMI dan seluruh mahasiswa, mengembangkan rasa memiliki dan tanggung jawab akademik sosial terhadap pilihan disiplin ilmu serta mengembangkan sikap kritis dan kreatif mahasiswa.

Penulis : Nita Yuli Astuti, M. Pd.