Semarang– Mahasiswa/i Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Walisongo sukses menyelenggarakan  Pameran Seni Pementasan dengan tema “Ekspresikan Kreasi & Budaya Bertajuk Kearifan Lokal”. Acara dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2022 di Aula 2 Kampus 3 UIN Walisongo Semarang. Jumat (17/6/22).

Pembukaan Pameran Seni Pementasan

Acara tersebut merupakan implementasi gabungan dari mata kuliah seni musik, seni rupa , dan seni tari yang bertujuan untuk meningkatkan hard skill & soft skill mahasiswa dalam bidang seni.

Dengan acara ini diharapkan mahasiswa UIN Walisongo Semarang khususnya Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah lebih mencitai kebudayaan lokal dan bisa mengekspresikan jati dirinya.

Seni Rupa Karya Mahasiswa

Acara dibuka langsung oleh selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Bapak Dr. Mahfud Junaedi, M.Ag.   Kemudian sambutan lainnya disampaikan pula oleh Ketua Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Ibu Zulaikhah, M. Ag., M. Pd. Selain itu, Ananda  Arjuni Khadijah selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan pagelaran seni ini diikuti sebanyak 400  mahasiswa. Adapun karya seni yang ditampilkan diantaranya

  • Kolase sebanyak 39
  • Montase sebanyak 29
  • Mozaik sebanyak 27
  • Poster sebanyak 49
  • Anyaman sebanyak 39.
Seni Rupa Karya Mahasiswa
Seni Rupa Karya Mahasiswa
Seni Rupa Karya Mahasiswa

Ketua pelaksana Nanda juga memberikan tanggapan nya mengenai tujuan dari kegiatan ini adalah implementasi dari mata kuliah seni budaya dan seni rupa yang diampu oleh Bapak Arsan Shanie, M. Pd dan Bu Rista Sundari, M. Pd. Seni rupa diikuti oleh mahasiswa PGMI semester 2 dan 4  agar para mahasiswa dapat menggali kreatifitas dalam bidang seni .

Zulaikhah, selaku Kepala Jurusan PGMI  dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap dosen pengampu seni budaya dan seni rupa sudah memberikan teori dan prakteknya sehingga mahasiswa bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Harapannya tidak sampai disni saja akan tetapi diharapkan mahasiswa meningkatan kemampuannya dalam bidang seni.

Apresiasi selanjutnya untuk mahasiwa , semoga menjadi karya yang abadi dapat dirasakan oleh semua khalayak, dapat didokumentasikan dan dinikmati oleh semua orang dan dimanfaatkan dengan baik untuk kegiatan pembelajaran.  Kami memfasilitasi dengan adanya mata kuliah diharapkan guru kelas di sekolah dasar untuk membawa bekal dimana harus mampu memfasilitasi  siswa masing-masing dengan berbagai kemampuan. Tentunya acara ini membutuhkan sumber daya potensi dan finansial yang luar biasa. Akan tetapi semua dilakukan untuk meningkatkan kreatifitas sebagai  mahasiswa dan calon pendidik.

Sambutan Ketua Prodi PGMI

Acara selanjutnya yaitu sambutan dari Wakila Dekan I sekaligus membuka acara, Bapak Dr. Mahfud Junaedi, M. Ag  mengucapkan bangga terhadap mahasiswa PGMI dan terima kasih kepada seluruh pihak ketua jurusan, sekretaris jurusan yang telah memfasilitasi dengan adanya mata kuliah seni ini sehingga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa yang merupakan calon pendidik profesional. Beliau jga menyampaikan apresiasi terhadap dosen pengampu yang mendedikasikan dalam mata kuliah seni.

“Saya merasa bangga ada pemeran seni berbasis mata kuliah, semua mahasiwa yang terlibat harus mendapatkan nilai A karena kegiatan ini adalah kegiatan besar yang membawa nama baik PGMI khususnya dan FITK umumnya.  Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan  memiliki kurikulum merdeka, belajar kampus merdeka bahwa setiap mata kuliah harus memiliki output kompetensi yang jelas kerja keras, kerja cerdas, kerja sama, kerja tuntas dan kerja ikhlas kunci sukses dalam setiap aspek kehidupan.  Ini manfaatnya besar , semoga kegiatan ini bisa dikembangkan harus terus ditingkatkan untuk kemajuan bersama.” tutupnya.

Sambutan Wakil Dekan 1 FITK UIN Walisongo

Acara ini dimeriahkan pula dengan penampilan dari beberapa mahasiswa diantaranya

  • Penampilan Seni dari kelas 6-A dengan tema “Pesona Klasik”
  • Penampilan Seni dari kelas 6-B
  • Penampilan Seni dari kelas 6-C dengan tema “Bhineka Tunggal Ika”

Dengan penampilan seni tersebut diharapkan seni memberikan kontribusi yang besar dalam bidang pendidikan , diharapkan seni mampu menyampaikan materi dan pesan pendidikan melalui melalui media yang bergerak, hingga pertunjukan seni baik seni rupa maupun seni musik dan seni tari.

Penampilan Seni dari kelas 6-A
Penampilan Seni dari kelas 6-B
Penampilan Seni dari kelas 6-AC

Penulis : Nita Yuli Astuti