Jum’at, 24/01/2020 – PGMI UIN Walisongo telah menggelar kegiatan tasyakuran wisuda dalam rangka pelepasan 26 wisudawan/wati Program Studi PGMI. Kegiatan ini berlangsung di Aula lantai 3 Gedung FITK UIN Walisongo Semarang. Kagiatan tasyakuran ini bertujuan untuk mempererat silaturahim antara dosen dan mahasiswa, serta memperkuat karakter calon wisudawan PGMI.

Rangkaian kegiatan tasyakkuran ini dimulai dengan khotaman Al Quran dan tahlil yang dipimpin oleh Dosen PGMI (Dr. Fakrurroji, M.Ag), kemudian disusul dengan kata sambutan yang disampaikan oleh perwakilan mahasiswa (HMJ), perwakilan calon wisudawan/ti (Akhmad Sofa), dan Ketua Program Studi PGMI ( Zulaikhah,M.Ag.,M.Pd.). Slanjutnya, acara tasyakkuran ditutup dengan pembacaan do’a dan pelepasan secara simbolis calon wisudawan/wati.

Dalam sambutannya, Akhmad Sofa menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh dosen PGMI yang telah memberikan ilmu selama proses perkuliahan di Program Studi PGMI. Ia berharap semoga ilmu yang telah didapatkan selama proses perkuliahan dapat diamalkan dan bermanfaat untuk orang lain. “Kuliah di jurusan PGMI merupakan sebuah kebanggaan bagi diri saya dan juga teman-teman, karena disini kami telah diberikan pengalaman yang luar biasa untuk bekal hidup kami menghadapi persaingan dunia kerja” tutur Akhmad Sofa.

Ketua Program Studi PGMI, Hj. Zulaikhah,M.Ag.,M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan tasyakuran dan pelepasan wisudawan/ti PGMI adalah salah satu ajang untuk membentuk karakter para wisudawan/wati. “Penguasaan ilmu pendidikan dasar, 4 kompetensi guru, teknologi terbaru, dan akhlak yang kokoh sangat diperlukan oleh mahasiswa untuk dapat bersaing di era revolusi industri 4.0” tandas Ketua Program Studi PGMI.

Prosesi pelepasan wisudawan/wati Program Studi PGMI dilaksanakan secara simbolis dengan prosesi pemotongan tumpeng. Pemotongan tumpeng tersebut antara lain dilakukan oleh Ketua Program Studi PGMI dan diberikan kepada salah satu perwakilan wisudawan/wati. Para wisudawan kali ini berjumlah 26 orang yang terdiri dari 20 perempuan, dan 6 laki-laki. Adapun yang meraih wisudawati terbaik adalah saudari Rinta Noor Fajriyah dari angkatan 2015. Atas prestasinya, Prodi PGMI memberikan plakat, bingkisan, dan sertifikat penghargaan (Rofiq).