Gedung Dekanat FITK, Lt. 2, Kampus 2 UIN Walisongo Semarang pgmi.walisongo.ac.id

Profil Lulusan dan CPL PGMI

Kode dan Profil Lulusan

Kode Profil Lulusan Deskripsi
PL 01 Pendidik di Pendidikan Dasar Guru kelas yang memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran (Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan, PJOK, Bahasa Jawa, Pendidikan Seni, Tahsin dan Tahfidz, Quran Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam di Pendidikan Dasar) yang mendidik selaras dengan teori konektivisme berlandaskan kesatuan ilmu melalui spiritualisasi ilmu-ilmu modern, humanisasi ilmu-ilmu keislaman, serta revitalisasi local wisdom.
PL 02 Praktisi Pendidikan Dasar (PPD) Praktisi pendidikan dasar (penulis buku bacaan anak di Pendidikan Dasar, pendongeng, pembaca puisi, dan jurnalis sekolah) yang memiliki keahlian dalam menulis buku bacaan untuk anak di Pendidikan Dasar, mendongeng, mengapresiasi karya sastra Indonesia, dan mengelola publikasi sekolah selaras dengan teori konektivisme berlandaskan kesatuan ilmu melalui spiritualisasi ilmu modern, humanisasi ilmu keislaman, dan revitalisasi local wisdom.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL PRODI)

Kode Deskripsi
CPL 01 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjunjung tinggi kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, nilai serta etika akademik dengan menghargai keanekaragaman, bekerja sama, memiliki kepekaan sosial sekaligus kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
CPL 02 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan sebagai warga negara yang memiliki nasionalisme, taat hukum, disiplin, dan bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya dengan semangat kemandirian, kejuangan serta kewirausahaan.
CPL 03 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pendidikan dasar Islam di Pendidikan Dasar dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif secara mandiri, bermutu, dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara serta etika ilmiah disertai mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, atau sejawat untuk mengambil keputusan secara tepat berdasarkan hasil analisis informasi dan data yang sahih dan bebas plagiasi dalam bentuk deskripsi saintifik berupa skripsi atau bentuk lain yang setara, dan dipublikasikan di laman perguruan tinggi.
CPL 04 Mampu bertanggungjawab dan melakukan supervisi serta evaluasi atas pencapaian hasil kerja kelompok terhadap penyelesaian pekerjaan yang berada di bawah tanggungjawabnya sekaligus melaksanakan evaluasi diri serta pembelajaran secara mandiri.
CPL 05 Melaksanakan perencanaan, praktik pembelajaran, evaluasi, dan tindak lanjut pembelajaran yang mendidik, komunikatif, santun, dan empatik untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beragam sumber belajar/bahan ajar/media pembelajaran serta teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan karakteristik perkembangan dan profil belajar peserta didik selaras teori konektivisme, seni budaya, kesehatan jasmani dengan berlandaskan kesatuan ilmu melalui spiritualisasi ilmu-ilmu modern, humanisasi ilmu-ilmu keislaman, serta revitalisasi local wisdom.
CPL 06 Mampu menulis buku bacaan untuk anak di Pendidikan Dasar, mendongeng, mengapresiasi karya sastra Indonesia, dan mengelola publikasi sekolah selaras teori konektivisme dengan berlandaskan kesatuan ilmu melalui spiritualisasi ilmu-ilmu modern, humanisasi ilmu-ilmu keislaman, serta revitalisasi local wisdom.
CPL 07 Mampu menganalisis konsep-konsep teoritis tentang inovasi pembelajaran, pembelajaran mikro, dan evaluasi pembelajaran yang mendidik, komunikatif, santun, dan empatik untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beragam sumber belajar/bahan ajar/media pembelajaran serta teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan karakteristik perkembangan dan profil belajar peserta didik selaras teori konektivisme, seni budaya, dan kesehatan jasmani dengan berlandaskan kesatuan ilmu melalui spiritualisasi ilmu-ilmu modern, humanisasi ilmu-ilmu keislaman, serta revitalisasi local wisdom.
CPL 08 Mampu mendesain konsep-konsep teoritis tentang penulisan buku bacaan anak di Pendidikan dasar, mendongeng, apresiasi karya sastra Indonesia, dan pengelolaan publikasi sekolah selaras teori konektivisme dengan berlandaskan kesatuan ilmu melalui spiritualisasi ilmu-ilmu modern, humanisasi ilmu-ilmu keislaman, serta revitalisasi local wisdom.
CPL 09 Mampu menganalisis konsep-konsep teoritis tentang metodologi penelitian pendidikan untuk madrasah ibtidaiyah/sekolah dasar dan penulisan ilmiah (academic writing) serta tindakan reflektif guna peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus pengembangan diri sebagai perwujudan etos kerja, tanggungjawab tinggi, rasa bangga dan percaya diri, serta menjunjung tinggi kode etik guru.
© 2024 Program Studi PGMI UIN Walisongo Semarang