Yogyakarta, 27 Mei 2024 – Vidyarpana merupakan pagelaran seni tari dan musik yang diselenggarakan oleh mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga angkatan 2022.

Acara bertajuk Vidyaparna tersebut mengundang beberapa universitas Islam ternama seperti UIN Walisongo, UIN Saizu, IAIN Kudus, serta UNU Yogyakarta untuk melakukan pentas kolaborasi. Adapun tema yang diusung yakni “Angrekso Budaya, Memayu Ilmu” yang mana pagelaran ini banyak menggunakan nuansa Jawa, baik dari dekorasi, tarian, drama, musik, dan sebagainya.

Acara Vidyarpana dilaksanakan di Taman Budaya Yogyakarta tepatnya pada pukul 19.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Terdapat lebih dari 50 penari yang menari di atas panggung. Acara ini dibuka dengan penampilan tari dari mahasiswa PGMI UIN Walisongo, dengan menampilkan tari jejawa modern.

Setelah itu dilanjutkan dengan pertunjukkan drama dari mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga dan kolaborasi tari dari beberapa Universitas Islam ternama.

“Pagelaran seni tari dan musik ini sudah disiapkan dari bulan Januari hingga bulan Mei dengan mengundang universitas Islam ternama sebagai tamu undangan,” ujar panitia.

Pagelaran seni tari dan musik merupakan acara yang diadakan setiap tahun oleh PGMI UIN Sunan Kalijaga untuk melestarikan warisan budaya.

Reporter: Nurul Musyarofah