Pelaksanaan penelitian DTPS yang dilakukan berdasarkan pada peta jalan (roadmap) penelitian dan pengabdian Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang (Lampiran), yang dikembangkan menjadi peta jalan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Walisongo Semarang (Lampiran).
Gambar 7.2.1 Roadmap Penelitian FITK
Peta jalan (roadmap) penelitian PS-PGMI sangat relevan dengan visi keilmuan PS-PGMI yang ditunjukkan dengan:
- Sesuai visi keilmuan PS PGMI, peta jalan (roadmap) penelitian PS-PGMI difokuskan pada isu-isu strategis yang dikelompokkan dalam kajian penelitian pembelajaran di pendidikan dasar, media pembelajaran di pendidikan dasar, pendidikan karakter dan softskill di pendidikan dasar, dan multi-literasi di pendidikan dasar.
- Peta jalan (roadmap) penelitian PS-PGMI mencakup penelitian berbasis kesatuan ilmu pengetahuan (UoS).
Peta jalan ini berfungsi sebagai kerangka besar yang mengarahkan tema-tema penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa, sekaligus sebagai panduan untuk pengembangan keilmuan di bidang pendidikan dasar. Dalam kerangka tersebut, penelitian PS-PGMI menitikberatkan pada isu-isu strategis yang meliputi pembelajaran pendidikan dasar, media pembelajaran di pendidikan dasar, pendidikan karakter dan softskill di pendidikan dasar, dan multiliterasi di pendidikan dasar. Berikut peta jalan (roadmap) penelitian PS PGMI pada tahun 2020-2024.
Kajian Penelitian | 2022 | 2021 | 2022 | 2023 | 2024 |
Pembelajaran di Pendidikan Dasar | Melakukan kajian terhadap kurikulum pendidikan serta teori-teori perkembangan pedagogis yang mendukung inovasi dalam pembelajaran di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. | Merancang strategi, model, atau metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. | Mengintegrasikan strategi, model, atau metode pembelajaran dengan disiplin ilmu lain untuk menghubungkan pendidikan dasar dengan aspek budaya atau lingkungan. | Menguji efektivitas strategi, model, atau metode pembelajaran guna meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dasar. | Mengembangkan dan mempublikasikan buku, buku ajar, serta buku berbasis riset yang mengusung strategi, model, atau metode pembelajaran berbasis teknologi sebagai referensi untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. |
Media Pembelajaran di Pendidikan Dasar | Menganalisis berbagai teori bahan ajar dan media pembelajaran yang berfokus pada inovasi dalam pembelajaran di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. | Mengembangkan bahan ajar dan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. | Mengintegrasikan bahan ajar dan media pembelajaran berbasis teknologi dengan kajian dari bidang lain sebagai upaya menjembatani pendidikan dasar dengan aspek budaya dan lingkungan. | Menguji efektivitas dan kelayakan bahan ajar serta media pembelajaran yang telah dikembangkan, guna meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. | Mengembangkan serta mempublikasikan bahan ajar, media pembelajaran, dan teori-teori pengembangan media berbasis teknologi sebagai referensi untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. |
Pendidikan Karakter dan Softskill di Pendidikan Dasar | Analisis teori pendidikan karakter dan pengembangan soft skill pada siswa sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI). Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan pendidikan karakter dan soft skill di lingkungan pendidikan dasar. | Merancang dan mengembangkan model pendidikan karakter dan soft skill berbasis kebutuhan siswa SD/MI. Model ini diintegrasikan dalam kurikulum dan aktivitas pembelajaran di kelas, dengan menyesuaikan konteks lokal dan budaya. | Melakukan uji coba implementasi model pendidikan karakter dan soft skill di beberapa SD dan MI. Melibatkan guru dan siswa dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter dan soft skill melalui kegiatan pembelajaran sehari-hari. | Melakukan evaluasi dan pengukuran efektivitas model pendidikan karakter dan soft skill yang telah diimplementasikan. Menggunakan instrumen evaluasi untuk mengukur peningkatan karakter siswa, seperti tanggung jawab, kerja sama, dan soft skill lainnya seperti kemampuan berkomunikasi dan berpikir kritis. | Menyempurnakan model berdasarkan hasil evaluasi, kemudian mempublikasikan temuan dan model pendidikan karakter serta soft skill untuk dijadikan referensi bagi praktisi dan akademisi. Mempromosikan integrasi pendidikan karakter dan soft skill sebagai bagian penting dari kurikulum di SD dan MI. |
Multiliterasi di Pendidikan Dasar | Memetakan konsep multiliterasi dan penerapannya dalam konteks pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk memahami berbagai pendekatan dan strategi multiliterasi yang relevan untuk Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. | Mengembangkan kurikulum yang mengintegrasikan multiliterasi dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini melibatkan kolaborasi antara dosen dan praktisi pendidikan untuk menciptakan modul pembelajaran yang memanfaatkan berbagai jenis teks dan media dalam pengajaran. | Melakukan implementasi kurikulum multiliterasi di beberapa sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas kurikulum dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui metode pembelajaran yang beragam dan interaktif. | Melaksanakan evaluasi terhadap kurikulum dan praktik pengajaran multiliterasi yang telah diimplementasikan. Penelitian ini mencakup pengumpulan data dari siswa dan guru untuk menganalisis dampak kurikulum terhadap kemampuan literasi serta refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah berlangsung. | Menyusun dan mempublikasikan temuan penelitian serta rekomendasi untuk pengembangan multiliterasi di pendidikan dasar. Penelitian ini akan dipresentasikan dalam seminar dan workshop untuk menyebarluaskan praktik terbaik kepada pendidik, pengelola sekolah, dan pemangku kepentingan lainnya. |